Halo guys. pada blog kali ini saya akan berbagi cara untuk menyelesaikan rubik 3x3. Jika kalian sudah mahir, maka jalan untuk menyelesaikan rubik lain akan terbuka lebar. Semoga bermanfaat!
Arah Pergerakan Notasi Rubik :
R (Right) : Adalah gerakan memutar sisi kanan searah jarum jam.
R' (R aksen) : Adalah gerakan memutar sisi kanan berlawanan arah jarum jam.
L (Left) : Adalah gerakan memutar sisi kiri searah jarum jam.
L' (L aksen) : Adalah gerakan memutar sisi rubik sebelah kiri berlawanan arah jarum jam.
U (Up) : Adalah gerakan memutar sisi atas searah jarum jam.
U' (U aksen): Adalah gerakan memutar sisi rubik bagian atas berlawanan arah jarum jam.
D (Down) : Adalah gerakan memutar sisi bawah searah jarum jam.
D' (D aksen) : Adalah gerakan memutar sisi bawah berlawanan arah jarum jam.
F (Front) : Adalah gerakan memutar sisi depan searah jarum jam.
F' (F aksen) : Adalah gerakan memutar sisi depan berlawanan arah jarum jam.
f (Front double) : Adalah gerakan memutar sisi F double searah jarum jam.
f' (Front aksen double) : Adalah gerakan memutar sisi F' double searah jarum jam.
B (Back) : Adalah gerakan memutar sisi belakang searah jarum jam.
B' (B aksen) : Adalah gerakan memutar sisi belakang berlawanan arah jarum jam.
INGAT : Satu gerakan adalah satu
kali putaran 90°. Dan untuk dua kali gerakan adalah dua kali putaran
90°, atau satu putaran 180°.
Misalkan R2, berarti kita putar sisi kanan searah jarum jam 180°.
Nah,
setelah kalian pahami istilah-istilah diatas, sekarang saatnya kita
akan belajar menyusun rubik 3x3. Tentunya kita harus punya kubus yang
bernama rubik atau paling tidak pinjem punya temen. Atau kalau kalian
mau main rubik di HP aplikasinya juga tersedia untuk Android dan IOS,
kalian bisa download Playstore. Atau kalian juga bisa mainkan rubik
virtual secara online disini. Ok nggak usah pake lama silakan, perhatikan baik-baik langkah-langkah berikut ini.
Dalam memecahkan rubik 3x3, ada 7 tahapan yang harus kita lalui step by step. Diantaranya adalah sebagai berikut :
LANGKAH PERTAMA : Membuat Cross (+).
- Membuat cross.
- Menyelesaikan sisi bawah sekaligus layer pertama.
- Menyelesaikan layer kedua.
- Membuat cross (kuning) di sisi atas.
- Menyelesaikan sisi atas.
- Memperbaiki corner layer ketiga.
- Penyelesaian.
LANGKAH PERTAMA : Membuat Cross (+).
Nggak ada algoritma khusus untuk
membuat cross putih. Tapi untuk pemula saya kasih tau cara yang biasa
saya pakai, Caranya adalah cari sisi yang mempunyai center kuning, dan
letakkan diatas seperti ini.
Kemudian cari edge putih
lalu kumpulkan satu persatu dengan cara seperti contoh dari berbagai kondisi berikut ini :
Nah
setelah itu, biasanya ada kondisi dimana kita harus menempatkan edge
terakhir tanpa harus merusak edge lainnya yg sudah jadi.
Jika tidak menjumpai kondisi tersebut lewati saja.
Nah... Sekarang cross putih kamu dah jadi.
LANGKAH KEDUA : Meratakan Sisi Bawah Menjadi Putih Semua.
Caranya adalah cari corner yang mengandung warna putih, misal seperti ini.
Maka
perhatikan warna yang bersebelahan dengan corner putih itu, misalkan
warna merah. Jika warna putih di kanan maka posisikan rubik seperti ini.
(posisi warna disebelah corner putih adalah merah maka posisikan sisi
merah sbg FRONT atau muka )
Dan
jika warna putih dikiri maka posisikan rubik seperti ini. (posisi warna
disebelah corner putih adalah hijau maka posisikan sisi hijau sbg FRONT
atau muka )
Untuk kanan : Algoritmanya adalah R U R'
Untuk kiri : Algoritmanya adalah L' U' L
Apabila menemui kondisi seperti ini
Maka warna putih yg tersisa itu harus dipindah keatas dulu. Jika ia dikiri maka L' U' L. Jika di kanan R U R'. Jika putih sudah diatas lalu gunakan algoritma tadi (RUR' / L'U'L) untuk menyelesaikan semua putih dibawah.
>
Atau kondisi putih tersisa diatas, kita flip dulu agar menghadap samping (pada layer 3). Algoritmanya L' U2 L U atau R U2 R' U' (Tergantung kondisi rubik pada pandangan kalian)
Tujuannya agar bisa menggunakan algoritma (RUR'/L'U'L) tersebut.
Dan selesailah sisi bawah dengan putih semua, sekaligus layer pertama membentuk teratur dengan center seperti ini.
LANGKAH KETIGA : Meratakan Layer Kedua.
Carilah edge yg tidak mengandung warna kuning
Kita
dapat warna merah-hijau / hijau-orange, pilih salah satu dulu misalnya
yang merah-hijau, maka putarlah sisi atas (U) hingga edge hijau bertemu
center hijau.
Perhatikan
edge merahnya, lalu kita tempatkan pada sisi merah, hijau jadi front,
merah kumpulkan pada sisi yg mempunyai center merah. Kebetulan kita
mendapatkan merah dikiri.
Bila sisi center merah dikiri maka algoritmanya U' L' U L U F U' F'
Bila sisi yang ada center merah dikanan maka algoritmanya U R U' R' U' F' U F
Bila sisi yang ada center merah dikanan maka algoritmanya U R U' R' U' F' U F
Bila kamu nemuin warna lain, misal
edge orange dan hijau, caranya sama, gunakan algoritma tersebut. Lakukan
terus menerus sampai layer 2 jadi dengan warna yg lengkap.
Jika kita dijumpai dengan kondisi semua edge mengandung warna kuning semua, kita bisa melakukan spekulasi. Atau lakukan gerakan asal tetapi sesuai rumus diatas, maka hasilnya akan muncul satu edge yg tidak mengandung warna kuning.
Jika kita dijumpai dengan kondisi semua edge mengandung warna kuning semua, kita bisa melakukan spekulasi. Atau lakukan gerakan asal tetapi sesuai rumus diatas, maka hasilnya akan muncul satu edge yg tidak mengandung warna kuning.
LANGKAH KEEMPAT : Membuat Cross Kuning Pada Sisi Atas.
Untuk membuat cross kuning pd sisi atas adalah tergantung kondisi, ada 3 kondisi berbeda yaitu
Ada
kalanya dari setiap kondisi diatas ada variasi lainnya, fokuslah pada
EDGE saja. Jika ada warna kuning lain di CORNER maka abaikan. Berikut
varian-variannya :
Bila kamu mendapati kondisi yg pertama yaitu satu TITIK center. Maka algoritmanya adalah
F (R U R' U') F' f (R U R' U') f'. (f kecil adalah putar 2 layer F (double)).
F (R U R' U') F' f (R U R' U') f'. (f kecil adalah putar 2 layer F (double)).
Bila mendapati kondisi kedua yaitu L terbalik maka algoritmanya f R U R' U' f'.
Bila mendapati kondisi ketiga yaitu Garis lurus maka algoritmanya. F R U R' U' F'
Maka terbentuk cross kuning seperti ini
LANGKAH KELIMA : Meratakan Sisi Atas Dengan Kuning Semua.
Caranya posisikan rubik sesuai kondisi dibawah ini:
Ingat
usahakan cross kuning seperti gambar diatas diatas. Kondisi pertama,
kedua, ketiga, keempat, kelima maupun keenam. Apapun kondisi cross
kalian usahakan posisinya sama seperti gambar diatas.
Algoritmanya :
KONDISI 1. F (R U R' U') (R U R' U') (R U R' U') F'
KONDISI 2. f (R U R' U') f' F (R U R' U') F'
KONDISI 3. R U R' U R U2 R' (rumus ikan)
KONDISI 4. (r U R' U') (r' F R F')
KONDISI 5. (R U R' U') (R U' R' U2) (R U' R' U2) R U R'
KONDISI 6. F R' F' L F R F' L'
(Jika pada kasus no. 3 yaitu
kondisi cross kuning membentuk pola gambar ikan, usahakan kepala ikan
berada di pojok kiri depan seperti gambar diatas.)
LANGKAH KEENAM : Memperbaiki Corner Layer 3.
Maksudnya
adalah menempatkan corner sesuai pada tempatnya, misalnya pada sisi
merah maka corner harus merah, pada sisi hijau corner harus hijau,
begitu juga dengan warna lain. (letakkan corner yg sudah jadi dikiri)
Lalu kita jadikan yang kanan, Algoritmanya R U2 R' U' R U2 L' U R' U' L.
Jika belum ada satupun corner yang sudah jadi, tetap lakukan rumus tersebut.
Jika belum ada satupun corner yang sudah jadi, tetap lakukan rumus tersebut.
LANGKAH KETUJUH : Penyelesaian
Ini adalah tahap terakhir, Posisikan sisi yang warnanya sudah lengkap/ sudah jadi letakkan di belakang.
Ini adalah tahap terakhir, Posisikan sisi yang warnanya sudah lengkap/ sudah jadi letakkan di belakang.
Lihat warna pada edge seperti ini.
Keterangan
gambar diatas : B (Back itu artinya Belakang), F (Front itu artinya
Depan). Pada sisi B adalah sisi yang sudah jadi atau mempunyai warna yg
sudah lengkap.
Edge merah akan kita pindah ke sisi kiri berarti searah jarum jam. (ingat sisi dengan warna sudah lengkap atau sudah jadi taruh di belakang/back (B).
Edge merah akan kita pindah ke sisi kiri berarti searah jarum jam. (ingat sisi dengan warna sudah lengkap atau sudah jadi taruh di belakang/back (B).
Bila tak searah jarum jam algoritmanya adalah F2 U' L R' F2 L' R U' F2.
Dan selamat kamu sudah bisa solve rubik 3x3. Untuk
pemula memang akan sedikit mengalami kesulitan dan kebingungan,
kuncinya jika kalian tekun dan pantang menyerah kalian pasti akan cepat
bisa.
0 komentar:
Posting Komentar